News

PPDB SMP Negeri 2 Berbah 2021

I. Persyaratan Calon Peserta Didik Baru Kelas VII SMP

    1. Lulus SD/MI/Paket A/sederajat pada tahun pelajaran 2020/2021 atau dua tahun pelajaran sebelumnya dan belum terdaftar sebagai peserta didik SMP atau sederajat.
    2. Berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli 2021.
    3. Ketentuan usia sebagaimana dimaksud di atas dikecualikan bagi calon peserta didik penyandang disabilitas dan calon peserta didik dari keluarga ekonomi tidak mampu.
    4. Bagi calon peserta didik baru yang berasal dari sekolah di luar negeri mendapat surat keterangan penyetaraan dari Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

II. Daya Tampung :

III. Jalur Penerimaan Peserta Didik Baru
A. Jalur Zonasi.
Jalur zonasi ditentukan berdasarkan domisili yaitu alamat tempat tinggal calon peserta didik baru yang sah atau yang tertera dalam Kartu Keluarga berdasarkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan telah terdaftar secara resmi di database kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sleman paling akhir pada tanggal 1 Juli 2020.

1. Zonasi radius

  • Diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili dan bertempat tinggal dalam radius 0-300 m dari SMP Negeri 2 Berbah berdasarkan pengukuran jarak udara antara titik koordinat tempat tinggal sesuai domisili yang sah dan titik koordinat SMP Negeri 2 Berbah ( -7,805024 ; 110,444474 ) melalui aplikasi PPDB online.
  • memilih 1 (satu) sekolah tujuan.
  • Menentukan koordinat sesuai alamat tempat tinggal berdasar Kartu Keluarga.
  • Pendaftar yang dinyatakan diterima di jalur zonasi radius tidak dapat mendaftar jalur pendaftaran lain di SMP Negeri di Kabupaten Sleman, jika tidak diterima dapat mendaftar ke jalur zonasi wilayah.
  • Untuk memperkirakan apakah lokasi rumah masuk dalam radius 300m atau tidak, silahkan klik link ini menggunakan HP dengan GPS aktif.

2. Zonasi Wilayah

  • Diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili dalam wilayah administrasi Desa tertentu dari SMP Negeri 2 Berbah adalah Desa Jogotirto (Berbah), Kalitirto (Berbah), Sendangtirto (Berbah), Tegaltirto (Berbah), Maguwoharjo (Depok), Purwomartani (Kalasan), Madurejo (Prambanan), Sumberharjo (Prambanan).
  • Memilih paling banyak 3 (tiga) sekolah tujuan
  • Proses seleksi dilakukan secara otomatis melalui sistem PPDB online dengan menyusun peringkat berdasarkan urutan zonasi sesuai ketentuan, perhitungan nilai gabungan, urutan pilihan sekolah tujuan
  • Pendaftar dapat melakukan perubahan pilihan maksimal 1 kali paling lambat tanggal 23 Juni 2021 pukul 23.59 WIB

B. Jalur Afirmasi (KK-Miskin dan Anak Penyandang Disabilitas)
1. Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KK-Miskin)

  • Diperuntukkan bagi penduduk Sleman dari keluarga ekonomi tidak mampu berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Keluarga dan terdaftar sebagai warga miskin dalam database penanggulangan kemiskinan atau memiliki Kartu Keluarga Miskin yang di keluarkan Dinas Sosial Kaupaten Sleman berdasarkan Keputusan Bupati Sleman Tahun 2021.
  • Pemegang Kartu Keluarga Rentan Miskin tidak termasuk dalam kuota ini.
  • Memilih 3 (tiga) sekolah tujuan
  • Proses Seleksi melalui sistem PPDB online berdasarkan 1) urutan Usia (tanggal lahir lebih awal), 2) Nilai Hasil Belajar 3) Urutan Pilihan Sekolah
  • Dapat melakukan perubahan pilihan sekolah max 1 (satu) kali paling lambat 23 Juni jam 10.00

2. Penyandang Disabilitas

  • Diperuntukkan bagi calon peserta didik baru penyandang disabilitas yang berdomisili dalam wilayah administrasi Desa tertentu dari SMP Negeri 2 Berbah.
  • Memiliki Surat Keterangan Hasil Assessmen dari Psikolog berizin yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah formal sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik Yang memiliki Kelainan Dan Memiliki Potensi Kecerdasan Dan/Atau Bakat Istimewa
  • Memilih 1 ( satu) sekolah tujuan
  • Calon Peserta Didik Baru WAJIB hadir di sekolah yang dipilih dengan membawa berkas yang dipersyaratkan
  • Proses Seleksi melalui sistem PPDB online berdasarkan urutan : 1) Usia ( tanggal lahir lebih awal) 2) Nilai Hasil Belajar *
  • Dapat melakukan perubahan pilihan sekolah max 1 (satu) kali paling lambat 23 Juni jam 10.00

C. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali

  • Jalur perpindahan tugas orang tua/wali diperuntukkan bagi penduduk luar Sleman yang mengikuti kepindahan tugas orang tua/ wali dibuktikan dengan surat keputusan/penugasan mutasi dari instansi pemerintah, BUMN/BUMD, serta lembaga, kantor, atau perusahaan berbadan hukum dari luar kabupaten Sleman ke kabupaten Sleman.
  • Apabila ada sisa kuota dapat digunkan untuk calon peserta didik baru yang merupakan anak dari guru yang bertugas definitive di sekolah tujuan.
  • memilih 1 (satu) sekolah tujuan.
  • Proses seleksi dilakukan secara otomatis melalui sistem PPDB online dengan menyusun peringkat berdasarkan urutan sebagai berikut:a) nilai hasil belajar b) usia (tanggal lahir paling awal).
  • Pendaftar dapat melakukan perubahan pilihan maksimal 1 kali paling lambat tanggal 23 Juni 2021 pukul 10.00 WIB

D. Jalur Prestasi:

  • Diperuntukkan bagi penduduk Sleman berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Keluarga Kabupaten Sleman dengan tidak dibatasi waktu satu tahun dan penduduk luar Sleman yang memiliki nilai minimal 245.
  • Penambahan nilai prestasi ditentukan pada satu prestasi tertinggi. Pengajuan secara online mulai tanggal 2 – 10 Juni 2020 melalui : http://bit.ly/prestasi-sleman atau
  • http://disdik.slemankab.go.id/tambahan-nilai.
  • Bukti prestasi diterbitkan paling lama 1 Juli 2018
  • Memilih paling banyak 3 (tiga) sekolah tujuan
  • Proses seleksi dilakukan secara otomatis melalui sistem PPDB online dengan menyusun peringkat berdasarkan urutan sebagai berikut: 1) Nilai, 2) Urutan pilihan sekolah tujuan, 3) Usia lebih tinggi

IV. Jadwal

JalurIsi formulir onlineKumpulkan berkasVerifikasi berkas oleh panitiaMendaftar dan memilih sekolahPengumuman dan daftar ulang
Prestasi17 - 23 Juni19 - 23 Juni19 - 23 Juni22 - 23 Juni23 - 24 Juni
Zonasi Wilayah17 - 23 Juni19 - 23 Juni19 - 23 Juni22 - 23 Juni25 - 26 Juni
Zonasi Radius17 - 23 Juni19 - 23 Juni19 - 23 Juni22 - 23 Juni23 - 24 Juni
Afirmasi KK Miskin17 - 23 Juni19 - 23 Juni19 - 23 Juni22 - 23 Juni23 - 24 Juni
Afirmasi Disabilitas17 - 23 Juni19 - 23 Juni19 - 23 Juni22 - 23 Juni23 - 24 Juni
Pindah Tugas17 - 23 Juni19 - 23 Juni19 - 23 Juni22 - 23 Juni23 - 24 Juni

V. Prosedur Pendaftaran
A. Prosedur Pendataan

  1. Melakukan pengajuan akun secara online melalui laman: https://sleman.siap-ppdb.com dan mencetak bukti pengajuan akun
  2. Mengumpulkan pengajuan akun dan berkas pendaftaran ke salah satu sekolah tujuan sesuai jadwal.
  3. Operator Sekolah melakukan Verifikasi berkas dan mencetak tanda bukti aktifasi akun yang berisi username (Nomor Peserta) dan Token (Kode) calon peserta didik baru..
  4. Login melalui laman: https://sleman.siap-ppdb.com dan memilih salah satu jalur pendaftaran.
  5. Mencetak bukti pendaftaran.
  6. Pendaftar yang undur diri, tidak dapat mengajukan pendaftaran di semua jalur.
  7. Pendaftar yang sudah diterima di salah satu jalur PPDB, tidak dapat melakukan pendaftaran di jalur lainnya.
  8. Pendaftar yang sudah diterima pada jalur zonasi radius, jalur afirmasi, jalur prestasi atau jalur perpindahan tugas orang tua tetapi tidak melakukan daftar ulang sesuai jadwal, maka dinyatakan gugur dan tidak dapat mendaftar pada jalur zonasi wilayah.
  9. Pendaftar yang tidak di terima di jalur zonasi radius, jalur afirmasi atau prestasi dapat melukukan pindah jalur ke jalur zonasi wilayah dan memilih 3 (tiga) sekolah tujuan

B. Persyaratan Dokumen

VI. Ketentuan Bagi Calon Peserta Didik Yang Berasal Dari SD/MI Luar Daerah Istimewa Yogyakarta Dan Lulusan SD/MI Sebelum Tahun Pelajaran 2020/2021

  1. Calon peserta didik baru yang berasal dari SD/MI Luar Daerah Istimewa Yogyakarta Dan Lulusan SD/MI Sebelum Tahun Pelajaran 2020/2021 wajib mengikuti ASPD dengan syarat dan ketentuan
    1. Mengikuti ASPD yang di selenggarakan pada 16 Juni 2021 pukul 07.30 – 12.20 di SMP Negeri 1 Sleman secara tatap muka/luring
    2. Pendafataran ASPD pada tanggal 10-14 Juni 2021 secara online : bit.ly/pendaftaran-aspd-sleman
    3. Melampirkan surat keterangan nilai hasil belajar dari sekolah asal (format dalam Lampiran VII Juknis PPDB Tahun 2021/2022)
  2. Pengajuan Akun bagi calon peserta didik baru di laksanakan di salah satu sekolah tujuan.

VII. Setelah pengumuman, daftar ulang/ Lapor Diri dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan penyebaran covid-19 dengan menyerahkan hasil cetak bukti pendafataran.

VIII. Hasil Seleksi dapat dibatalkan apabila terbukti adanya pemalsuan atau ketidaksesuaian dokumen persyaratan

IX. Hari-Hari Awal Masuk Sekolah. Hari pertama masuk sekolah yaitu pada hari Senin, 12 Juli 2021

Leave a Reply

WhatsApp chat
%d bloggers like this: